DuniaJilbab

DuniaJilbab

Saturday, 20 December 2014

Pernikahan Beda Agama

Minta Legalisasi Nikah: Pria Non Muslim dan Wanita Muslimah

Apa pandangan islam mengenai pernikahan beda agama ?

Ada seorang mahasiswi dari universitas terkenal di negeri di Bandung, yang meminta legalisasi nikah beda agama. Karena wanita yang menuntut itu berjilbab, maka perlu dijelaskan untuk dirinya bahwa tidak pantas seorang wanita muslimah meminta seperti itu. Alasannya? 



Jika wanita muslimah menikah dengan pria non muslim, maka status nikahnya tidak sah, alias ia sama saja berzina.

Tentang status pernikahan wanita muslimah dan pria non muslim disebutkan dalam firman Allah Ta’ala,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا جَاءَكُمُ الْمُؤْمِنَاتُ مُهَاجِرَاتٍ فَامْتَحِنُوهُنَّ اللَّهُ أَعْلَمُ بِإِيمَانِهِنَّ فَإِنْ عَلِمْتُمُوهُنَّ مُؤْمِنَاتٍ فَلَا تَرْجِعُوهُنَّ إِلَى الْكُفَّارِ لَا هُنَّ حِلٌّ لَهُمْ وَلَا هُمْ يَحِلُّونَ لَهُنَّ

“Hai orang-orang yang beriman, apabila datang berhijrah kepadamu perempuan-perempuan yang beriman, Maka hendaklah kamu uji (keimanan) mereka. Allah lebih mengetahui tentang keimanan mereka. Jika kamu telah mengetahui bahwa mereka (benar-benar) beriman, maka janganlah kamu kembalikan mereka (wanita mukmin) kepada (suami-suami mereka) orang-orang kafir. Mereka (wanita mukmin) tiada halal bagi orang-orang kafir itu dan orang-orang kafir itu tiada halal pula bagi mereka.” (QS. Al Mumtahanah: 10)

Pendalilan dari ayat ini dapat kita lihat pada dua bagian. Bagian pertama pada ayat,

فَلَا تَرْجِعُوهُنَّ إِلَى الْكُفَّارِ

“Janganlah kamu kembalikan mereka (wanita mukmin) kepada suami mereka yang kafir”

Bagian kedua pada ayat,

لَا هُنَّ حِلٌّ لَهُمْ

“Mereka (wanita mukmin) tiada halal bagi orang-orang kafir itu”

Dari dua sisi ini, sangat jelas bahwa tidak boleh wanita muslim menikah dengan pria non muslim (agama apa pun itu).

Ayat ini sungguh meruntuhkan argumen orang-orang liberal yang menghalalkan pernikahan semacam itu. Firman Allah tentu saja kita mesti junjung tinggi daripada mengikuti pemahaman mereka (kaum liberal) yang dangkal dan jauh dari pemahaman Islam yang benar.

Taruhlah ia dapat legalisasi dari Mahkamah, namun di sisi Allah, status nikah pria non muslim dan wanita muslimah tidaklah sah. Kalau terjadi hubungan nikah, hakekatnya adalah zina.



Pernikahan beda agama, nikah beda agama, pernikahan beda agama adalah zina

2 comments: